Artikel ini diposting untuk di publish di forum kaskus jadi nada bicara sedikir berbeda.

Sebelum baca mohon di rate 5. Makasih.

 

Nah ini sebenarnya banyak ditanyakan oleh keluarga ane, teman sepermainan dan juga teman di social networking ane.

  1. Mau bikin usaha tapi bingung harus gimana dulu?
  2. Butuh modal banyak buat modal ini, gimana caranya dapetin modalnya?
  3. Duh mau buat usaha tapi nggak ada skil?

 

Nah dari beberapa ungkapan diatas sebenarnya bisa dijawab sendiri sich :ngakak

Ya ini beberapa pelajaran kuliah ane di fakultas ekonomi jurusan entrepreneur yang sekarang tutup sich. Cerita dikit : jurusan entrpreneur yang satu-satunya di Indonesia ini yang S1 sebenarnya cukup banyak peminatnya ya tiap angkatan saja bisa lebih dari 100 orang yang kosentrasi ke entpreneur dari fakultas ekonomi. Berhubung tenaga pengajar/dosen kurang memadai alias dipegang dosen dari jurusan lain jadi dimerger deh jurusan favorite ane ini dengan jurusan lain khususnya “pemasaran”

 

Udah ceritanya sekarang tips sebelum memulai berwirausaha. JANGAN NGOMONG DULU MODALNYA BERAPA

Point penting :

Niat

Doa aja deh gan moga bisnis yang akan dijalani kesampaian.

 

Minat

  1. Nah miat agan-agan mau bisnis apa? Simak poit berikut ini :
  2. Prospek kah bisnis tersebut
  3. Bagaimana kompetitornya
  4. Sudah berapa lama kompetitor anda berbisnis dengan bisnis impian anda itu
  5. Berapa banyak pelanggan kompetitornya
  6. Berapa banyak penduduk efektif kawasan pemasaran bisnis (produk&jasa) anda tersebut nantinya jika pemasaran produk sekitar tempat produksi
  7. Jika pemasaran luas analisa seberapa besar anda dapat mencuri pelanggan kompetitor

 

Produk

  1. Apa keistimewaan produk anda dibanding kompetitor
  2. Masa expired/kadaluarsa perlu diperhatikan
  3. Kualitas lebih utama dibanding kuantitas
  4. Produk jadi atau setengah jadi

 

Nah dari ulasan diatas kok ngomongin kompetitor semua sich. Ya namanya bisnis jika sudah ada yang lebih dulu buka ya perlu diperhatikan juga jangan sampai anda menjual produk tapi jauh kualitasnya dari pada kompetitor anda.

 

Soal harga juga bisa jadi perhatian lebih karena berbisnis tentu harus untung dan untung. Kok untung dan untung??? Ya 50:50 harus! Win Win Solution. Anda untung pelanggan untung. konsumen biasa mencari harga murah dan tidak memikirkan kuantitas dan kualitas sedangkan pelanggan cerdas harga soal biasa tapi kualitas dan kuantitas selalu menjadi incarannya.

 

Jika anda hobi beli produk KW atau China BM ya jangan berharap banyak kualitas deh karena memang harganya telah berbicara sendiri.

Jika anda hobi membeli produk branded ya tentu anda sudah tau resikonya harganya mahal [berharap ada diskon] tapi kualitasnya terjamin.

 

Sedikit gambaran kecil :

Agan-agan punya hape kan [masa belum punya, beli dunk], Kalo ada tentu bisa agan nilai sendiri antara harga dan kualitasnya. Bagaimana apakah puas atas keputusan membeli hape merk yang agan gunakan sekarang.

 

Selain hape juga simcard, ada banyak operator baik itu GSM atau CDMA dari operator dengan investornya Dalam negeri sampai Timur Tengah. Baik itu oprator BUMN atau swasta. Soal tarif tentunya agan-agan telah memilih operator yang tepat bukan? kalo belum pasti sering pindah operator atau telah terjerumus dengan iklan promo. >>> nanti dibahas soal promosi

 

Kalo ane gan yang sudah dan sejak dulu pakai simPATI jadi mau jungkir balik lah operator promosi juga ga akan pindah [kecuali perusahaannya tutup]. Kok bisa gitu napa gan?

Itu karena ane lebih fokus soal kualitas jaringan/sinyal ketimbang tariff. Mau naik bukit sampai gunung juga tengah laut tetap saja bisa ON terus. Alasan lainnya adalah karena 95% di keluarga ane dan 80% nomor di phonebook ane pengguna TELKOMSEL sejati (bukan nada promo gan)

 

Seperti itu juga menentukan harga produk dan jasa usaha kita nantinya. Analisi dulu soal penetapan harga jangan asal asalan. Pertamina menaikan harga minya tanah, PertamaX, bensin, Solar dan produk lainnya seperti GAS juga banyak diprotes masyarakat Indonesia. Begitu juga jika anda menetapkan harga baik menurunkan harga, menaikkan harga atau memberikan diskon. Memang jika pemerintah didemo saat menaikkan harga bahan bakar tapi berbeda caranya jika konsumen anda protes. Konsumen akan memberi tahu teman-temannya lebih banyak jika sesuai. Jika harga tidak sesuai antara kualitasnya maka produk anda akan di berikan nilai minus (-) kepada teman-teman pelanggan anda seperti HOSTGOKIL jasa webhosting yang nakal.

 

Promosi

  1. Gunakan media promosi yang efektif seperti saat promo launching produk menyebarkan brosur, pamflet atau spanduk.
  2. Berikan diskon saat launching seperti diskon 35%, beli 3 gratis 1 paket
  3. Buat survey kecil-kecilan terhadap pelanggan yang datang dengan memberikan quisioner tentang kualitas, pelayanan, harga, suasana tempat, tempat buak cabang yang tepat atau pesan, kesan dan kritik pelanggan.

 

Inovasi

Ini penting jika anda ingin terus mengembangkan produk atau jasa. Inovasi baik dari sisi produk atau jasa juga media promosinya.

BEP

Ini juga harus di analisis gan. Berapa lama bisnis tersebut balik modalnya. Jika sampai titik nol alias modal balik 100% bisa membuka cabang baru deh. Kalo sudah BEP jangan di simpan duitnya tapi segeralah inovasi pemasaran dan invasi pemasaran.

Strategi

Ini yang ampuh dan banyak di gunakan baik oleh elit politik, militer dan sekarang strategi pemesaran yang sebenarnya telah di lakukan oleh berbagai minimarket. Ane lebih asik menyebutnya STRATEGI DESA MENGEPUNG KOTA >>> itu dosen saja bingung dengan teori ini karena belum ada yang mengajarkannya di bangku kuliah karena teori ini identik dengan MILITER. Jadi kita menempatkan lokasi baik produksi dan pemasaran jangan di pusat kota. Cegat orang yang lewat jangan sampai ke kota dengan menempatkan lokasi penjualan walau kecil di pinggiran kota tapi banyak ketimbang membuat lokasi penjualan di tengah kota yang besar tapi Cuma 1 unit saja. Ini efektif sekali. Ayo agan agan sudah pernah lihat minimarket di tengah desa. Ini yang telah mengepung kota gan.

Sekian dulu nanti ane update lagi. Jika ada pertanyaan silakan di utarakan atau mau memberikan ilmu untuk tambahan informasi silakan.

 

INGAT :

JANGAN MENJUAL PRODUK / JASA YANG BISA KAMU BUAT TAPI BUATLAH PRODUK / JASA YANG BISA KAMU JUAL

Atau butuh jasa analisis SWOT untuk BUSSINESS PLAN anda bisa hubungi ane gan di YM : ardisakey atau PM aja.

Atau mau ngobrol di kaskus ke sini aja
KE TKP GAN

Iklan